<body>

Sunday, May 29, 2005

The Da Vinci Code

Novel The Da Vinci Code yang ditulis Dan Brown ini sangatlah menarik bagi saya. Berisi kejadian yang dialami oleh Robert Langdon dan Sophie Neveu yang dianggap sebagai buron dari DCPJ di bawah pimpinan Bezu Fache atas kasus pembunuhan Jacques Sauniere, kurator Museum Louvre Perancis. Mereka juga dikejar-kejar Silas, seorang biarawan fanatik yang juga menginginkan rahasia Sauniere. Dengan petunjuk yang berupa kode-kode yang ditinggalkan Sauniere sebelum dia meninggal, Langdon dan Sophie berusaha menemukan rahasia apa yang dimaksud dalam petunjuk Sauniere.

13-3-2-21-1-1-8-5
O, Draconian Devil!
Oh, lame saint

Kekuatan dari novel ini adalah kemampuan Brown mendeskripsikan karya-karya Leonardo da Vinci sehingga membuat pembacanya percaya bahwa ada maksud tersembunyi dari Da Vinci pada karya-karyanya. Kemampuannya dalam mengolah anagram, menjadikannya suatu kode yang tersembunyi. Seperti kalimat O, draconian devil! menjadi Leonardo da Vinci!.

Novel ini juga mengisahkan tentang sejarah agana Nasrani (Kristen) yang dihubungkan dengan Biarawan Sion (Prieuré de Sion) yang didirikan oleh Godfrey de Bouillon dan Kesatria Templar (Knights Templars). Mulai dari ajaran Bible, kenyataan bahwa ke-Tuhanan Yesus dimulai dari Konsili Nicea sampai "kenyataan" bahwa Yesus mempunyai istri dan anak. Hal tersebut digambarkan matang dan didasarkan pada dokumen dan deskripsi dari karya-karya Leonardo da Vinci.

Ada beberapa karya da Vinci yang digambarkan di dalam novel ini.
Selain itu ada hal-hal menarik yang juga ditemui dalam novel ini. Adanya pembahasan tentang "PHI", angka 1,618 yang merupakan sebuah golden ratio atau divine proportion (proporsi agung). Angka tersebut ada dalam perhitungan matematika, kosmologi,seni dan bahkan dalam anatomi tubuh manusia.

Tokoh-tokoh lain yang disebutkan dalam novel ini :
  • Sir Leigh Teabing, bangsawan yang tertarik dengan Holly Grail yang menjadi inti dari buku ini.
  • Uskup Aringarosa, pimpinan dari Opus Dei.
  • Remy Legaludec, pelayan Teabing.
  • Letnan Collet, DCPJ.
  • Andre Vernet, Manager Zurich Bank Cabang Paris.
  • Marie Chauval, nenek dari Sophie Neveu.
Akan tetapi, ada satu tokoh yang sepertinya lupa atau kurang penting untuk diberikan namanya, yaitu adik laki-laki dari Sophie.

Dan Brown juga dengan teliti menyebutkan jenis pistol yang digunakan dalam novel ini. Setidaknya ada dua macam pistol, yaitu :

Sumber :
  1. The Da Vinci Code
  2. Wikipedia (http://www.wikipedia.com)
  3. http://goldennumber.net/

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

|